Minggu, 04 Juni 2017

4. Ptk ipa smp kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 sistem tata surya BAB I PENDAHULUAN B. Identifikasi Masalah


B. Identifikasi Masalah

Selama proses pembelajaran berlangsung , sebagian besar siswa kurang bersemangat mengikutinya, dan ketika diberikan soal-soal latihan mereka mengalami kesulitan dalam mengerjakannya, hal ini terjadi karena para siswa belum memahami materi pelajaran yang telah dikelaskan oleh guru.
Hasil tes yang diperoleh dari jumlah siswa sebanyak 43, hanya 17 siswa yang mendapatkan nilai di atas 6 atau sekitar 42 %. Siswa yang mendapat nilai di bawah 6 sebanyak 25 siswa atau sekitar 58 %. Hasil tes ini tidak sesuai dengan apa yang diharapkan karena masih di bawah standar ketuntasan minimal, hal ini mengisyaratkan bahwa tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran masih rendah.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka penulis mencoba untuk mengidentifikasi faktor penyebab kurang berhasilnya proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan sehingga hasil belajar siswa rendah. Ada beberapa masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran, yaitu :
1. Rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang masih di bawah standar KKM;
2. Teknik pembelajaran mengenai sistem tata surya kurang bervariasi;
3. Siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pelajaran.

Baca Juga : soal ipa smp kelas 9 dan kunci jawaban

C. Analisis Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah yang dikemukakan, penulis mencoba menganalisis penyebab rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya :
1. Mengapa hasil belajar siswa rendah ?
2. Mengapa penguasaan materi pelajaran siswa dalam proses pembelajaran rendah ?
3. Mengapa siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran?

D. Rumusan Masalah
Berdasarkan analisis masalah di atas, maka yang akan menjadi fokus perbaikan pembelajaran adalah :
1. Apakah penerapan metode demonstrasi dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman mengenai sistem tata surya pada siswa kelas 6 ?


E. Tujuan Penelitian

Berdasarkan pertanyaan penelitian tindakan kelas yang terdapat
pada rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan :
1. Untuk meningkatkan pemahaman mengenai sistem tata surya pada siswa kelas 6 melalui penerapan metode demonstrasi dengan menggunakan media audio visual.

F. Manfaat perbaikan

1. Manfaat bagi siswa, untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai sistem tata surya.
2. Manfaat bagi guru, untuk mengembangkan potensi guru dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan metode demonstrasi dengan menggunakan media audio visual.
3. Manfaat bagi sekolah, untuk meningkatkan kwalitas pendidikan dasar.
http://guruipabanyuasin.blogspot.com