Minggu, 04 Juni 2017

6. Ptk ipa smp kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 sistem tata surya BAB III PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

BAB III
PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

A. SUBYEK PENELITIAN

1. Tempat Penelitian
Tempat pelaksanaan perbaikan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mengenai sistem tata surya yaitu di SMPN 4 Banyuasin III, yang berada di wilayah Sumatera Selatan

2. Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan perbaikan terdiri dari 3 siklus, yang dilaksanakan selama bulan April 2011 Jadwal perbaikan sebagai berikut :

Tabel 1. Jadwal Pelaksanaan Pembelajaran

Siklus Tanggal Mata Pelajaran Materi
I      06-04-2011  IPA Matahari sebagai pusat Tata Surya
II    13-04-2011  IPA Planet-planet dalam tata surya
III   20-04-2011  IPA Profil dari 8 planet dalam tata surya


3. Karakteristik Siswa
Usia siswa di sekolah dasar yaitu sekitar 12-15. Masa ini merupakan masa sekolah dan siap untuk belajar. Pada masa ini anak telah mampu mengembangkan psikologi kognitif yang harus dikembangkan secara kongkret
B. Deskripsi Per Siklus
Selama perbaikan pembelajaran dilaksanakan penulis selaku peneliti yang bertindak sebagai observer mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan mencatat hal – hal yang penting untuk perbaikan pembelajaran. Data–data selama 3 siklus pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mengenai sistem tata surya.
Prosedur perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan mengacu kepada tahap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan perbaikan pembelajaran dilaksanakan di kelas IX.1
Dalam melaksanakan proses perbaikan pembelajaran, penulis melakukan berbagai persiapan mencari jalan untuk mengatasi dan memperbaiki masalah tersebut dengan melakukan hal-hal sebagai berikut :
1. Menyusun skenario pembelajaran atau Rencana Pembelajaran (RP).
2. Merumuskan tujuan pembelajaran.
3. Menetapkan metode dan media pembelajaran.
4. Menyiapkan instrumen evaluasi.

1. Langkah-langkah yang ditempuh pada perbaikan pembelajaran
a. Siklus I
1). Rencana Perbaikan
Adapaun rencana perbaikan yang dilakukan oleh penulis adalah sebagai berikut :
(a). Mengamati proses belajar mengajar di kelas
(b). Penulis mengumpulkan data berupa peristiwa dan hasil belajar yang dicapai oleh siswa
(c). Melakukan wawancara dengan siswa untuk mengetahui keinginan mereka untuk belajar.
(d). Melakukan pemeriksaan kembali dokumen yang ada seperti rencana persiapan mengajar dan soal evaluasi.

2). Pelaksanaan Perbaikan
(a). Guru memberikan materi pokok tentang matahari sebagai pusat tata surya.
(b). Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang matahari sebagai pusat tata surya.
(c). Siswa dan guru melakukan tanya jawab dan guru memberikan soal-soal latihan.
(d). Siswa mengerjakan soal latihan.
(e). Membahas soal latihan bersama-sama.
(f). Diakhir pembelajaran guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran dan memberikan tindak lanjut berupa PR.

3). Pengamatan/Pengumpulan Data/Instrumen
(a). Dalam proses belajar mengajar siswa kurang aktif dan masih ada yang bermain dengan temannya.
(b). Anak masih ada yang tidak dapat menyelesaikan tugas tepat waktu.
(c). Guru kurang memantau siswa saat mengerjakan latihan atau tugas yang diberikan.

4). Refleksi
(a). Hasil evaluasi pada siklus ini dengan rata-rata masih kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 59 yang seharusnya 60.
(b). Siswa yang banyak bermain di kelas dan mengganggu temannya diberi teguran oleh guru.
(c). Masih adanya siswa yang tidak dapat menyelesaikan tugas karena belum tepatnya penggunaan metode pembelajaran.


b. Siklus II
Pada siklus II penulis menyampaikan materi tentang palnet-planet dalam tata surya.
1). Rencana Perbaikan
(a). Pengkondisian siswa.
(b). Menyiapkan alat peraga berupa gambar
(c). Menggunakan metode tanya jawab dan latihan.
(d). Membuat soal evaluasi.

2). Pelaksanaan Perbaikan
(a). Guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum memahami materi pelajaran.
(b). Memberikan penjelasan materi pelajaran tentang anggota tata surya.
(c). Siswa diajak mengamati gambar anggota tata surya.
(d). Siswa diminta menyebutkan anggota dari tata surya.
(e). Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya pada guru.
(f). Diakhir pembelajaran guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran, memberikan tindak lanjut, memberikan tuga berupa PR serta menutup pelajaran.

3). Pengamatan/Pengumpulan Data/Instrumen
(a). Memberikan penguatan kepada siswa yang dapat menyelesaikan tugas dan memberikan semangat bagi siswa yang belum menguasai materi pelajaran.
(b). Menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas.

4). Refleksi
a). Awal pembelajaran yang baik dapat meningkatkan semangat belajar.
b). Penggunaan media yang tepat dapat memudahkan pemahaman materi.
c). Mengadakan penelitian hasil sebagai perbandingan dari hasil sebelumnya dan sebagai bahan untuk penentu hasil berikutnya.

c. Siklus III
1). Rencana perbaikan
Pada siklus ini penulis menekankan rencana perbaikan pembelajaran dengan metode demonstrasi dengan menggunakan media audio visual.
(a). Pengkondisian siswa
(b). Menyampaikan tujuan pembelajaran
(c) Guru menyiapkan media audio visual berupa tayangan gambar tentang sifat dan keadaan 8 planet dalam tata surya
(d). Mengadakan tanya jawab seputar materi yang akan di bahas.
(e). Mengoreksi kembali dokumen yang ada seperti persiapan mengajar dan lembar evaluasi.

2). Pelaksanaan Perbaikan
(a). Guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum memahami materi pelajaran.
(b). Memberikan penjelasan materi pelajaran tentang profil dari 8 planet dalam tata surya.
(c). Siswa diajak mengamati tayangan gambar melalui media LCD yang menunjukkan sifat dan keadaan 8 planet dalam tata surya.
(d). Siswa diberi pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan isi tayangan gambar dengan tujuan agar siswa lebih mengerti tentang materi yang dipelajari.
(e). Siswa diberi tes yang sudah dipersiapkan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana penguasannya terhadap materi yang sudah dipelajari.
(f). Diakhir pembelajaran guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran, memberikan tindak lanjut, serta menutup pelajaran.

3). Pengamatan/Pengumpulan Data/Instrumen
(a). Penggunaan media audio visual sesuai dengan rencana pembelajaran.
(b). Menggunakan metode demonstrasi sehingga membuat siswa belajar lebih menyenangkan.

4). Refleksi
(a). Awal pembelajaran yang baik dapat meningkatkan semangat belajar.
(b). Penggunaan media yang tepat dapat membuat siswa lebih antusias dalam belajar.
(c). Dengan penggunaan metode demonstrasi melalui media audio visual dapat menigkatkan prestasi dan penguasaan siswa terhadap materi yang dipelajari.
http://guruipabanyuasin.blogspot.com/