Minggu, 04 Juni 2017

9. Ptk ipa smp kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 sistem tata surya BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN B. Pembahasan Dari setiap Siklus

B. Pembahasan Dari setiap Siklus
1. Pembahasan Hasil Temuan
Berdasarkan hasil obervasi dan refleksi selama proses pembelajaran tentang sistem tata surya menggambarkan bawah dengan menerapkan metode demonstrasi dengan menggunakan media audio visual siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti proses pemebalajaran dan siswa lebih menguasai materi pembelajaran yang disampaikan. Perkembangan hasil yang diperoleh dari tiap siklus adalah sebagai berikut :

a. Siklus I
Selama proses pembelajarn, aktifitas guru kurang menarik minat dan perhatian siswa. Dengan metode ceramah guru terlalu banyak memberikan penjelasan tanpa memberikan menggunakan media peraga apapun, guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran akibatnya proses pembelajaran kurang berhasil. Siswa hanya diam mendengarkan penjelasan guru. Aktifitas dan kreatifitas siswa kurang terpacu, siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran dan kurang diberi latihan.
Hasil belajar siswa pada siklus I mata pelajaran IPA rendah, yaitu 60, hal ini karena guru hanya memberikan metode ceramah tanpa menggunakan media yang dapat menarik perhatian siswa.
b. Siklus II
Hasil pembelajaran pada siklus II ditunjukkan sebagai berikut :
Proses kegiatan belajar mulai menarik perhatian siswa serta terlihat semangat dan aktif dalam mendemonstrasikan alat peraga yang disiapkan oleh guru. Penggunaan media penunjang berupa gambar ternyata mulai menarik perhatian siswa. Siswa mulai aktif menjawab pertanyaaan-pertanyaan yang diajukan guru.
Hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus II mengalami peningkatan dibandingkan pada siklus I yakni mencapai rata-rata 65.

c. Siklus III
Hasil pembelajaran pada siklus III ditunjukkan sebagai berikut :
Proses kegiatan belajar mengajar berbeda dengan siklus I dan II. Guru tidak hanya menerangkan dengan menggunakan metode ceramah, tetapi juga dengan menerapkan metode demonstrasi dengan menggunakan media audio visual. Siswa diberi latihan-latihan dan dalam mendemonstrasikan alat peraga difokuskan pada anak yang daya serapnya rendah, tujuannya agar meningkatkan daya ingatnya.
Metode dan Media yang digunakan lebih konkrit sehingga siswa menjadi terlihat lebih aktif. Guru hanya memancing siswa dengan beragam pertanyaan sesuai gambar yang disajikan dengan menggunakan media audio visual, sehingga siswa termotivasi untuk mengutarakan pendapatnya dan memudahkan bagi siswa untuk memahami materi tentang sistem tata surya. Hal ini berpengarauh pada hasil yang diperoleh untuk rata-rata kelas lebih meningkat dari siklus sebelumnya yaitu mencapai 74. Dengan demikian kegiatan perbaikan ini sesuai dengan rencana. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran sudah dapat dikatakan berhasil.
http://guruipabanyuasin.blogspot.com